Peran Mahasiswa

Posted by Amhy Sabtu, 18 Mei 2013 0 comments
Sebelum kita membahas peran mahasiswa, terlebih dahulu mari kita bahas kita bahas  defenisi dari mahasiswa itu sendiri. defenisi mahasiswa  ;
-   menurut peraturan pemerintah RI No.30 tahun 1990 adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar di      perguruan tinggi tertentu;
 -  menurut Sarwono (1978) mahasiswa adalah setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti pelajaran di perguruan tinggi dengan batas usia sekitar 18-30 tahun.
berlandas dari defenisi diatas dapat disimpulkan bahwa mahasiswa adalah sekelompok orang yang terdaftar serta memiliki hak dan kewajiban di bidang pendidikan yang disediakan oleh negara maupun swasta.
peran dan kewajiban mahasiswa secara garis besar adalah menimbah mengikuti di kampus, membayar spp /semester, dll. tetapi sekarang yang akan coba kita bahas adalah peran dan kewajiban mahasiswa dari aspek sosial.
jika kita seorang mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata kata ;  moral force, sosial control, dan agent of change.  ketiga tugas  tersebut adalah pesan yang ditinggalkan oleh senior mahasiswa pendahulu kita. tetapi pada saat sekarang ini ketiga tugas ini sudah tak teraplikasi sebagaimana mestinya. mungkin yang menyebabkan hal ini  terjadi adalah terlalu banyak dan sulitnya peraturan kampus sehingga mahasiswa disibukkan dengan hal-hal tersebut. ataukah perbedaan zaman antara mahasiswa saat ini dan mahasiswa zaman soeharto, mulai dari globalisasi,  gaya hidup, masalah sosial, dan politik.
 tdak bisa dipungkiri bahwa tugas yang paling besar dan paling utama mahasiswa adalah pembelaan terhadap rakyat dari kebijakan pemerintah yang dapat merugikan rakyat, serta melakukan advokasi terhadap rakyat dari oknum tertentu yang bertujuan mengambil hak rakyat yang  tidak tahu menahu terhadap sistem hukum  yang berlaku.
yang perlu kita ketahui bersama bahwa keberpihakan mahasiswa bukan untuk pemerintah maupun rakyat tapi mahasiswa berada pada titik tengah(mediator) yang tidak  memihak pun. siapapun . karena kenapa , negara ini memiliki 2 sisi yang penting yaitu pemerintah dan warga negara dan mereka semua berhak kita dukung apabila masih berjalan sesuai dengan aturan. tetapi jika sudah menyalahi aturan, maka mahasiswa masih punya kata perlawanan yang akan selalu ada dan terealisasi.
nah, sekarang kawan kawan mari kita berfikir sejenak mengapa pergerakan mahasiswa kurang seksi lagi di mata semua pihak, apakah faktor internal ataukah eksternal yang membatasi kita? semua orang punya versi sendiri dan mereka punya hak untuk itu. tapi yang pasti mahasiswa adalah generasi terkuat yang mampu menata dan berbuat banyak pada bumi pertiwi kita.
terima kasih banyak.
                             
post by; muhammad alqadri

0 comments:

Posting Komentar

Pengikut

Teman